Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Waspadai Minyak Goreng Daur Ulang

Waspadai Minyak Goreng Daur Ulang

Di Negara Tiongkok dan Taiwan, beberapa tahun terakhir banyak terungkap adanya pembuatan minyak goreng yang berasal dari limbah minyak goreng atau minyak jelantah yang diaur ulang. Proses pembuatannya tidak higienis dan bahan bakunya (minyak jelantah) berasal dari tempat yang tidak kira sebelumnya. Minyak jelantah ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Di Urumuqi Tiongkok ada seseorang yang memberitahukan kepada seorang wartawan tentang adanya pembuatan minyak goreng dari limbah, minyak tersebut adalah minyak goreng yang sudah di buang dan dilakukan proses daur ulang kemudian dikemas kembali untuk dijual ke restoran bahkan kantin sekolah.

Di Taiwan, aparat penegak hukum menyita pabrik yang memperoduksi limbah minyak goreng, mereka mengambil minyak jelantah yang sudah dibuang ke got atau saluran air pembuangan. Minyak dan air memang tidak bisa menyatu dan mereka mengambil minyak tersebut dari saluran air yang kotor, menyulingnya lalu menjualnya.

Video : Petugas mengrebek pabrik pengolahan limbah minyak goreng

Selain itu ada juga yang bersalah dari kulit atau lemak babi yang sudah berjamur dan membusuk sehingga dihinggapi banyak lalat. Pihak aparat telah menyita semua produk dan menyegel pabriknya pengolahannya karena dianggap sangat berbahaya.

Video : Pengerebek minyak berasal dari lemak babi

Masih banyak lagi, produsen minyak limbah yang bahan pembuatannya diambil dari limbah yang kotor, seperti ada yang mengambil dari dalam got. Tanpa ragu-ragu mereka mengambilnya dari dalam got dan dikemasnya dalam drum. Berikut Video bagaimana mereka mengambil limbah minyak goreng dari saluran pembuangan

Video : Limbah minyak goreng diambil dari got

Bahkan yang lebih ironisnya lagi di Dong Guang ada produsen minyak limbah yang berasal dari berbagai macam kotoran bahkan kotoran manusia dan juga minyak jelantah yang berasal dari septic tank.

Masih banyak lagi produsen-produsen minyak limbah di Tiongkok yang melakukan hal-hal negatif bahkan cenderung merugikan konsumennya seperti ada yang berasal dari jeroan hewan.

Sehubungan harga minyak goreng asli harganya mahal maka dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mendaur ulang limbah minyak goreng. Pemanfaat limbah minyak goreng yang didapat dari tempat-tempat yang kotor sungguh sangat tidak higienis dan menjijikan.

Kecenderungan orang memanfaatkan limbah minyak goreng dari saluran-saluran air yang kotor, karena banyak dari kita baik dari kalangan ibu rumah tangga, maupun dari restoran-restoran yang membuang minyak goreng bekas ke saluran-saluran air, lalu diambil dan disaring oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Kemudian mereka memanfaat limbah minyak tersebut untuk di daur ulang dan dijual kepasaran dengan harga lebih murah dari pada harga minyak goreng pabrik.

Pihak pemerintah Tiongkok dan Taiwan sudah melakukan penutupan dan menangkapan kepada pengusaha minyak limbah yang sangat membahayakan kesehatan tersebut.

Video : Bahaya penggunaan limbah minyak goreng

Bagaimana dengan di Indonesia, waspadailah kejahatan yang serupa di Tiongkok dan Taiwan, dengan modal limbah yang tidak ada nilainya, setelah diolah lalu di jual kepasaran, restoran atau kantin dengan harga dibawah pabrik tanpa memikirkan kesehatan terhadap konsumen.

Minyak goreng yang sudah dipakai berkali-kali atau sudah menjadi limbah yang disebut jelantah tidak dapat dipakai lagi apalagi di daur ulang. Karena minyak goreng daur ulang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena mengandung zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Selain itu minyak jelantah atau limbah minyak goreng sudah mengalami perubahan struktur kimiawinya akibat proses penggorengan dan mengandung asam lemak jenuh yang tinggi yang berbahasa bagi tubuh. Kandungan kolesterol baik (HDL) semakin berkurang sementara kolesterol buruk (LDL) semakin meningkat sehingga dapat memicu berbagai penyakit seperti hipertensi, penyumbatan peredaran darah, penyakit jantung dan stroke, bahkan bisa menyebabkan kanker colon pada usus besar.

Sungguh besar bahaya limbah minyak apalagi jika limbah tersebut berasal dari tempat-tempat yang kotor bahkan cenderung menjijikan.

Sebenarnya limbah minyak goreng bisa dimanfaatkan atau didaur ulang, hanya tidak dijadikan minyak goreng kembali atau digunakan untuk membuat masakan, tetapi dapat di daur ulang untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat seperti di Jepang limbah minyak goreng dijadikan Bio-diesel Fuel (BDF) atau bahan bakar bio-diesel.

Selain sebagai biodiesel atau alternatif pengganti bahan bakar fosil, sebuah penelitian dari mahasiswa prodi Pendidikan IPA, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta juga menemukan bahwa limbah minyak goreng atau biasa disebut minyak jelantah dapat dimanfaatkan menjadi pembersih lantai. Penemuan yang disebut Karbol Milan (singkatan dari Karbol Minyak Jelantah) ini diproduksi dalam beberapa varian aroma. Kemudian di kemas dalam plastik botol bening berukuran 600 ml yang disertai dengan label produk dan petunjuk penggunaan.

Berdasarkan uraian di atas, kita dapat mengambil kesimpulan tentang bahayanya limbah minyak goreng serta bahayanya membuang limbah minyak goreng ke saluran-saluran disamping merusak ekosistem air juga bisa memicu pihak-pihak tidak bertanggung jawab memanfaat limbah ini.

Below Article Banner Area

Baca Juga

Ucapan-Selamat-Tahun-Baru-Islam

BBM dan SMS Kata-Kata Mutiara Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2015 1 Muharram 1437 H

Besok umat islam akan merayakan tahun baru Hijriyah dimana 1 Muharram 1437H jatuh pada hari ...