Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Waspadai Produk Jelang Puasa, BPOM Temukan 11.370 Produk Tidak Penuhi Syarat

Waspadai Produk Jelang Puasa, BPOM Temukan 11.370 Produk Tidak Penuhi Syarat

58.bpom

Waktu Puasa tinggal beberapa hari lagi. Untuk itu, masyarakat harus benar-benar mewaspadai berbagai produk makanan dan minuman yang beredar. Sebab biasanya, banyak sekali produk yang muncul di bulan puasa.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sendiri telah menemukan sebanyak 11.370 produk memiliki kemasan yang tidak memenuhi persyaratan masih beredar bebas di pasaran.

“Hasil pengawasan sejak 25 Mei hingga 9 Juni 2015 telah ditemukan banyak produk yang tidak memenuhi syarat,” kata Kepala BPOM Roy Sparingga.

Pangan yang tidak memenuhi syarat tersebut terdiri dari 6.043 tidak ada izin, pangan kadaluwarsa 4.510 kemasan, dan pangan rusak 817 dengan nilai keekonomian diperkirakan mencapai lebih dari Rp450 juta di seluruh Indonesia.

Disamping pangan, ternyata banyak juga ditemukan kosmetik yang tidak memenuhi syarat seperti bahan kimia yang tidak layak pakai dan izin yang tidak diproses sesuai aturan.

BPOM sendiri akan melakukan pengawasan yang lebih ketat di pintu masuk atau perbatasan, dimana pengawasan lebih difokuskan pada temuan besar hingga hulu.

“Upaya ini belum membuahkan hasil yang maksimal, karena biasanya barang disimpan digudang yang tertutup rapi tanpa sepengetahuan warga,” katanya.

Oleh sebab itu, Roy meminta tindakan aktif dari masyarakat untuk ikut serta mengawasi peredaran makanan. Segera melaporkan kepada petugas jika mengetahui tindakan yang mencurigakan.

Apabila terbukti tidak layak konsumsi dan sudah diperingatkan sebelumnya tetapi masih belum jera, maka usaha produksi tersebut akan dicabut izinnya serta dapat diberi sanksi pidana.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...