Home / Tekno / Internet / Wilayah ASEAN, Ancaman Botnet di Indonesia Tertinggi!

Wilayah ASEAN, Ancaman Botnet di Indonesia Tertinggi!

Wilayah ASEAN, Ancaman Botnet di Indonesia Tertinggi!

Aktivitas botnet di Indonesia rupanya tercatat paling tinggi di Asia Tenggara. Alhasil rencana pemerintah untuk membuat sebuah badan keamanan nasional yang menangani pertahanan siber (cyber defence), disambut positif banyak pihak. Hal ini terungkap dalam simposium Internet se-Asia di Jakarta, Senin (7/9/15).

Internet Society (Isoc) Jakarta didaulat menjadi tuan rumah simposium ini. Para ahli pemerintahan, sektor privat, komunitas, dan masyarakat sipil diundang untuk membicarakan peliknya masalah keamanan siber (cyber security) di Indonesia.

Lewat simposium ini Isoc mengajak pengguna Internet, perusahaan, pemerintah, dan organisasi lainnya menggelar dialog terbuka mengenai kebijakan, teknologi, dan masa depan Internet. Indonesia dinilai penting karena memiliki pertumbuhan online market tercepat di Asia-Pasifik.

“Meningkatnya konektivitas dengan Internet dan keterhubungan antar perangkat sangatlah penting untuk menyatukan negara, tapi ada risikonya” ungkap Direktur Isoc Biro Regional Asia-Pasifik, Rajeah Singh.

Semakin maraknya penggunaan smartphone dan mudahnya akses Internet membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan konsumsi internet terbanyak di Asia. Walaupun demikian, internet di Indonesia dinilai belum siap menghadapi ancaman online.

 

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...