Home / Berita / Regional / Wisatawan Jadi Korban Sengatan Ubur-Ubur di Pantai Selatan Yogyakarta

Wisatawan Jadi Korban Sengatan Ubur-Ubur di Pantai Selatan Yogyakarta

Turis Asing Jadi Korban Sengatan Ubur-Ubur di Pantai Selatan Yogyakarta

Hati-hati jika berwisata di wilayah Pantai Selatan Gunungkidul Yogyakarta. Pasalnya baru-baru ini dikabarkan sebanyak 26 turis menjadi korban sengatan ubur-ubur. Jumlah terbanyak terjadi di Pantai Kukup. Hal itu diungkapkan sekretaris SAR Linmas Korwil II Pantai Baron, Surisdiyanto pada Sabtu (18/07/2015).

“Kejadiannya mulai pagi, beberapa wisatawan tersengat ubur-ubur. Sampai siang korban semakin bertambah. Jumlah terbanyak terjadi di pantai Kukup dengan jumlah 14 orang. Sampai sore, total korban mencapai 26 orang” ungkap Surisdiyanto.

Surisdiyanto juga menjelaskan jika insiden sengatan ubur-ubur terjadi di 18 titik pantai di kawasan Gunungkidul, satu wisatawan bahkan pingsan karena tak kuat menahan sakit. Korban rata-rata masih berusia anak-anak. Setelah mengetahui ada korban, Tim SAR dan tim medis yang berjaga di lokasi pantai segera melakukan pertolongan kepada para korban.

Petugas memberikan pertolongan pertama dengan mengoleskan alkohol dan amoniak di sekitar luka sengatan ubur-ubur. Surisdiyanto juga mengimbau kepada wisatawan untuk  tidak berenang di pantai. Pasalnya saat ini tengah dalam musim ubur-ubur.

“Kami selalu menginformasikan agar jangan mandi di pantai. Karena saat ini sedang musimnya dan ubur-ubur ada di sepanjang pantai” pungkasnya.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...