Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / WNA akan Diperbolehkan Membeli Rumah Tanpa Ada Ketentuan Batas Harga

WNA akan Diperbolehkan Membeli Rumah Tanpa Ada Ketentuan Batas Harga

Proyek pembangunan perumahan
Proyek pembangunan perumahan

Jakarta –  Perubahan baru segera dihadirkan oleh Kementerian Pertanahan dan Tata Ruang terkait izin bagi orang asing membeli rumah di Indonesia.  Kalau selama ini ada larangan bagi WNA memiliki rumah atas namanya sendiri, tak lama lagi larangan itu akan dihapus. Warga negara asing akan bisa membeli  rumah atas namanya sendiri tanpa batas harga yang ditentukan. Mereka hanya dilarang membeli rumah yang disubsidi Pemerintah.

Semakin banyaknya jumlah WNA di Indonesia menjadi alasan Pemerintah mengeluarkan regulasi baru ini.  Kebijakan ini diharapkan untuk melindungi hak WNA sekaligus memberi daya tarik bagi investasi di Indonesia.

Selama ini WNA hanya mendapatkan izin hak pakai untuk rumah yang ada di Indonesia sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1996 tentang Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia. Peraturan ini yang akan direvisi oleh Pemerintah.

“Kebijakan baru untuk WNA yang ingin punya rumah di Indonesia sedang kita siapkan. Mudah-mudahan kebijakan ini dapat mendorong perkembangan investasi dalam negeri,” ujar Ferry Mursidan Baldan, Menteri Pertananan dan Tata Ruang Indonesia.

Usul kepemilikan property bagi WNA ini sebenarnya sudah lama ada, tapi ditolak pemerintah karena kuatir bisnis perumahan di dalam negeri akan dikendalikan WNA.  Namun di era Pemerintahan Jokowi, liberalisasi property mulai diberlakukan.

Sempat muncul usulan dari kalangan pengusaha yang bergabung dalam Real Estat Indonesia (REI) agar hak membeli rumah bagi WNA berlaku untuk harga minimal Rp 5  miliar.  Pembatasan itu ditujukan agar rumah di bawah Rp 5 miliar tetap diprioritaskan bagi WNI.

Tapi pembatasan itu sepertinya ditolak oleh Kementerian Pertanahan dan Tata Ruang karena dianggap tidak terlalu ideal mengingat harga rumah terus menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu.

“Saya kira tidak perlu ada pembatasan harga.  Selagi orang asing itu punya izin tinggal di Indonesia, ia bisa membeli rumah berapapun harganya, asal bukan rumah subsidi Pemerintah,” kata Ferry sebagaimana dikutip dari Jakarta Globe.

Meski demikian, Ferry mengaku masih akan mendiskusikan regulasi ini dengan kementerian lainnya, termasuk dengan kementerian Keuangan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). ***

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...