Home / Tekno / Internet / Yahoo Enkripsi Data Pengguna Untuk Cegah Penyadapan

Yahoo Enkripsi Data Pengguna Untuk Cegah Penyadapan

YahooYahoo mengumumkan akan mengenkripsi semua informasi tentang pengguna yang melintasi pusat data mereka pada Maret 2014.

Langkah raksasa internet itu diambil setelah pemerintah AS melalui badan intelijen NSA secara diam-diam mengakses data pengguna tanpa sepengetahuan perusahaan yang bersangkutan, demikian laporan BBC.

Dokumen yang diungkapkan mantan pegawai NSA, Edward Snowden, menyebutkan bahwa Badan Keamanan Nasional AS, atau lebih dikenal dengan nama NSA dan lembaga intelijen Inggris GCHQ, meretas keamanan internet, termasuk Yahoo dan Google.

CEO Yahoo Marissa Mayer menegaskan, Yahoo tidak pernah memberikan akses atas pusat datanya kepada NSA atau badan pemerintah lainnya.

“Tidak ada yang lebih penting bagi kami selain melindungi rahasia pribadi pengguna kami,” ujar Mayer.

Sebelumnya Yahoo juga sudah mengungkapkan rencana mengenkripsi semua komunikasi email atau surat elektronik mulai Januari 2014. Pengguna pun diberi pilihan untuk mengenkripsi komunikasi antara mereka dengan Yahoo.

Sementara itu, raksasa internet lainnya, Google, sudah mengenkripsi layanan surat elektroniknya dan mempercepat proses enkrispi di pusat data yang dimulai sejak Juni 2013.

Surat kabar Washington Post, yang mengutip dokumen yang dibocorkan Snowden, melaporkan 181 juta catatan diproses oleh NSA dan GCHQ sebelum Januari 2013.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...