Home / Olahraga / Balap / Yamaha Rombak Tangki Motor Rossi dan Lorenzo, Ini Penyebabnya

Yamaha Rombak Tangki Motor Rossi dan Lorenzo, Ini Penyebabnya

tangki

 

Yamaha kini telah mempersiapkan motor tunggangan buat Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo ketika balapan MotoGP 2016 dengan sejumlah perubahan. Disamping ban anyar yang akan menggunakan Michelin, perubahan juga terlihat dari segi penempatan tangki motor di YZR-M1.

Seperti dilansir Crash, Jumat (4/12), tangki bahan bakar YZR-M1 kemungkinan dipindah ke bagian ekor alias di belakang tempat duduk pembalap. Kalau sebelumnya, tangki berada di sisi depan sebagaimana biasanya.

Tangki itu sejatinya sudah digunakan Katsuyuki Nakasuga ketika berlaga di Grand Prix Jepang pada 11 Oktober lalu. Saat itu, test rider Yamaha tersebut menyelesaikan balapan di posisi ke-23. Lorenzo dan Rossi juga menjajalnya saat pengujian di Aragon dan Valencia beberapa waktu lalu.

Saat itu, Lorenzo mengungkapkan perubahan posisi tangki di YZR-M1 untuk menyesuaikan motor yang akan menggunakan ban Michelin. Kalau sebelumnya ban Bridgestone dikenal ‘galak’ di bagian ban depan, maka kinerja Michelin dianggap lebih bagus di bagian belakang sehingga posisi tangki diubah mengikutinya.

“Mesin 2016 yang kami gunakan di Aragon adalah motor yang menyesuaikan ban Michelin agar mendapatkan performa terbaik. Tangki bahan bakar kini berada di bagian belakang, sebelumnya berada di depan,” kata Lorenzo waktu itu.

Sementara itu manajer Lorenzo, Wilco Zeelenberg ketika dikonfirmasi menyatakan bahwa perubahan posisi tangki tak hanya untuk menyesuaikan ban Michelin. Perubahan jumlah bahan bakar yang akan menggunakan 22 liter (sebelumnya 20 liter -red) ditakutkan memengaruhi kinerja motor.

“Ini soal keseimbangan cengkraman yang berbeda dengan Michelin, tetapi kami juga punya dua liter bahan bakar lebih banyak sehingga perlu membuat volume yang lebih besar. Mencari lebih banyak ruang,” terangnya.

Walau demikian, Zeelenberg menyebut kalau perubahan posisi tangki ini belum bisa dipastikan bakal digunakan Rossi dan Lorenzo musim depan. Ya, perubahan ini masih coba-coba dulu.

“Ini belum benar-benar sudah diputuskan jika kita akan menggunakan tangki dengan set-up seperti ini. Kami tahu kami punya dua liter bahan bakar lebih untuk digunakan sehingga ide ini dimunculkan dan akan mencobanya,” tutur Zeelenberg.

 

 

Baca Juga

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...