Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Yang Mau daftar Jadi Kepala Daerah, Hari Ini Mulai dibuka KPU

Yang Mau daftar Jadi Kepala Daerah, Hari Ini Mulai dibuka KPU

pilkada serentak

Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2015, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerbitkan surat edaran perihal pendaftaran pasangan calon kepala daerah untuk menjadi perhatian KPU daerah (KPUD) jelang pembukaan pendaftaran calon yang akan dimulai hari Minggu 26 Juli 2015 ini.

Surat edaran dengan nomor 402/KPU/VII/2015 ini berisi penjelasan mengenai mekanisme pendaftaran untuk pemilihan kepala daerah. Salah satu isi surat tersebut menyebutkan bahwa pasangan calon wajib memenuhi persyaratan pencalonan dan persyaratan calon.

Untuk berkas persyaratan pencalonan di antaranya menyangkut keabsahan kepengurusan partai politik tingkat pusat dan daerah. Sementara persyaratan calon lebih merujuk ke aspek pribadi pasangan calon, seperti usia, daftar kekayaan, rekam jejak hukum, dan lain-lain.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 12 Tahun 2015, untuk partai yang mempunyai dua kepengurusan, pasangan calon yang diusung oleh masing-masing pihak kepengurusan adalah sama.

“Di dalam aturan harus keduanya, yaitu satu pasangan calon, kalau berkoalisi, koalisinya harus identik. Kalau di tingkat daerah hanya ada satu pengurus tidak apa-apa, yang penting juga dibuat surat penyataan bahwa pengurus di daerah tidak ganda,” tutur Ketua KPU Husni Kamil Manik, Sabtu (25/7).

Meski demikian, KPU daerah berhak untuk tidak menerima pendaftaran apabila pasangan calon, baik dari partai politik atau perseorangan, tidak memenuhi persyaratan persyaratan pencalonan dan persyaratan calon.

Sementara itu terkait Salinan SK Kepengurusan partai politik, hingga Jumat (24/7), KPU telah menerima surat keputusan kepengurusan di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota dari 12 partai politik.

Salinan SK kepengurusan sah dari partai politik tersebut, nantinya akan disesuaikan dengan dokumen yang dibawa pasangan calon kepala daerah pada saat mendaftar kantor KPU di daerah.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...