Home / Berita / Nasional / Yuk, Segera Miliki Rumah Murah dari Pemerintah

Yuk, Segera Miliki Rumah Murah dari Pemerintah

rumah sejuta rakyat

Hari ini Rabu (29/4) pemerintah melaksanakan groundbreaking proyek 1 juta rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) di Kabupaten Ungaran Semarang Jawa Tengah.

Pelaksanaan groundbreaking merupakan langkah awal dari program 1 juta rumah rakyat.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, “Dari sejuta rumah, 603.516 unit rumah diantaranya diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 396.484 unit lainnya untuk non MBR.”

Program sejuta rumah rakyat rencananya terdiri dari rumah tapak (landed house), rumah susun hak milik (rusunami), dan rumah susun hak sewa (rusunawa) yang menyebar di 18 provinsi.

Pembangunan akan dilaksanakan beberapa tahap yaitu Tahap I akan dibangun 331.693 unit , Tahap II dibangun 98.020 unit serta Tahap III dibangun sebanyak 173.803.

Untuk harga rumah dari program tersebut, pemerintah telah menetapkannya berdasarkan zona wilayah. Misalnya di kawasan Jabodetabek maksimal Rp 120 juta, di Jawa (selain Jabodetabek) Rp 110,5 juta, Sumatera (selain Bangka Belitung) Rp 110,5 juta, Kalimantan Rp 118 juta, Sulawesi Rp 110 juta, dan paling mahal serta Papua Barat Rp 174 juta.

Bagi anda yang memiliki gaji rendah rasanya rumah murah dari pemerintah membawa angin segar. Sebab untuk syaratnya cukup mudah dan cicilannya pun rendah.

Masyarakat berpenghasilan rendah yang bisa ikut adalah calon pembeli rumah tapak (landed house) dengan gaji maksimal Rp 4 juta/bulan, dan calon pembeli rusun dengan gaji maksimal Rp 7 juta/bulan. Dan yang pasti belum punya rumah.

“Cicilan per bulannya kira-kira rp 600-700 ribu per bulan,”ujar Basuki Hadimuljono

Sementara itu Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan kalau program 1 juta rumah rakyat merupakan salah satu agenda prioritas pemerintahan Jokowi – JK yang sudah disuarakan sejak masa kampanye pilpres lalu. Tujuannya untuk memberikan rumah tinggal bagi 13,6 juta rumah tangga yang belum memiliki rumah layak.

“Ini memang program yang berat tapi harus berhasil,”ungkap JK

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...