Home / Berita / Ibu Kota / Yusril akan Lawan Ahok di Pengadilan, Soal Satu ini

Yusril akan Lawan Ahok di Pengadilan, Soal Satu ini

yusril-67

 

Kuasa hukum warga Kampung Luar Batang, Yusril Ihza Mahendra mengungkapkan bahwa akan melawan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok soal penggusuran warga Kampung Luar Batang. Yusril mengecam kalau Ahok mengeluarkan surat resmi penggusuran dan pembongkaran di Kampung Luar Batang.

“Kalau sampai Gubernur Ahok mengeluarkan surat perintah penggusuran dan pembongkaran, kami akan lawan di pengadilan. Pak Ahok jangan cuma suruh Lurah dan Camat menggusur saja dong,” ujar Yusril di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (3/5).

Yusril mengungkapkan bahwa warga Kampung Luar Batang terdiri dari tiga RW, yaitu RW 1, RW 2, dan RW 3. Kebanyakan dari mereka memiliki sertifikat tanah, sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), hak milik, girik. Bahkan ada yang memiliki akta jual-beli saat zaman kolonial Belanda.

Ditambahkan Yusril, kalau saat ini sebagian warga telah menyerahkan salinan surat-surat itu kepada dirinya. Saking banyaknya, tidak ingat jumlah warga yang menyerahkan surat-surat itu sebagai bukti otentik dari status kepemilikan tanah Kampung Luar Batang.

Yusril menyayangkan Pemprov DKI yang sampai saat ini tidak bisa membuktikan kepemilikan pemerintah terhadap tanah Kampung Luar Batang.

Yusril menduga kuat kalau Kampung Luar Batang memang milik warga. Sehingga Pemprov DKI harus membeli atau memberikan ganti rugi kepada warga kalau akan menggunakan tanah itu untuk kepentingan pemerintah.

“Kalau Pemda DKI mau tanah itu dia harus ganti rugi dan diubah statusnya dari milik rakyat menjadi Hak Guna Bangunan (HGB) atau hak pakai,” tegas Yusril.

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...

One comment

  1. Prof. ECENG GONDOK

    . Yusril bangga bisa Lawan AHOK yg Hebat..dasar prof. CEMEN gak punya Prestasi buat NEGARA ngajak tawuran AHOK..