Home / Berita / Ibu Kota / Yusril Ingatkan Pemprov DKI, Ada Warga Luar Batang Punya Sertifikat Sah Sehingga Tidak Boleh dibongkar

Yusril Ingatkan Pemprov DKI, Ada Warga Luar Batang Punya Sertifikat Sah Sehingga Tidak Boleh dibongkar

yusril334

 

Pengacara senior, Yusril Ihza Mahendra, menegaskan, kalau ada juga warga kawasan Luar Batang yang terancam akan dipindahkan pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mempunyai surat kepemilikan tanah yang sah.

Setelah mempelajari rencana pemindahan itu, Yusril menyatakan, sebagian warga punya sertifikat tanah bukti kepemilikan atas tanah di Kampung Luar Batang berupa sertifikat hak milik, hak guna bangunan, dan girik.

“Kalau pemerintah mengklaim punya tanah, sama juga dengan orang per orang dan swasta. Untuk memiliki tanah milik warga ya pemerintah harus mengikuti prosedur yaitu memohon ke Badan Pertanahan Nasional,” paparnya seperti dilansir Antara.

Kalau pemindahan itu benar-benar dijalankan, menurut Yusril, dapat diartikan pemerintah Provinsi DKI melawan hukum.

Seperti diketahui kalau sebelumnya, Yusril selaku kuasa hukum warga Luar Batang mengundang Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama atau Ahok untuk berdialog dengan warga terkait rencana relokasi yang telah ditegaskan dengan surat peringatan (SP) I dan II dari Kecamatan Penjaringan yang telah diterima para warga.

Tetapi, Ahok menyatakan tidak akan membongkar rumah para warga yang memiliki sertifikat, melainkan hanya rumah-rumah yang berdiri di atas laut dan kios-kios di Pasar Ikan yang telah dialihfungsikan sebagai hunian.

“Boleh tidak kios PD Pasar Jaya dipakai buat rumah tinggal? Kami mau bongkar, itu sertifikat atas nama Pasar Jaya, terus salahnya di mana? Sedangkan untuk rumah-rumah di atas laut, mana mungkin ada sertifikatnya,” papar Ahok.
 

 

 

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...