Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Zaman Pak Harto Lebih Mudah Kalau dibandingkan Sekarang, Kata JK

Zaman Pak Harto Lebih Mudah Kalau dibandingkan Sekarang, Kata JK

Jusuf_Kalla

Salah satu lembaga negara adalah Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas/Kementerian PPN). Namun Bappenas saat ini dinilai sudah tidak lagi ramai seperti dulu. Sebab, ada beberapa hal yang membuat kondisi tersebut terjadi.

Menurut Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla (JK) ada alasan kenapa sepinya Bappenas pada zaman Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) saat ini. Salah satu alasannya, kata JK yaitu hampir seluruh kewenangan yang ada pada zaman lalu, khususnya orde baru yang dipimpin Presiden Soeharto, telah hilang di Bappenas.

“Sekarang zaman itu lewat. Nah fungsi Bappenas di situ mulai sangat drastis karena hampir seluruh kewenangan hilang di Bappenas ini. Maka dulu Bappenas kayak pasar, sekarang menjadi sepi kan. Itu dari praktiknya,” tutur JK di kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (29/7).

Ditambahkan olehnya, dulu proyek yang dikerjakan Gubernur maupun Bupati terdapat di Bappenas. Tapi sekarang ini sudah berpindah ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Kalau orde baru itu relatif sangat mudah. Karena negeri kita ini sentralistik dan keep otoriter. Jadi apa yang diarahkan Pak Harto kemudian diterjemahkan semua Menteri dan Bappenas bisa jalan sampai ke desa. Karena itu pada zaman itu begitu anda memutuskan bangun SD inpres bentuknya begini, nanti seluruh Indonesia bentuknya seperti itu. Saya tahu karena saya pernah suplier itu,” cerita JK.

Meski demikian, sambung JK, bukan berarti dirinya menginginkan untuk kembali ke orde baru. Hanya saja, prinsip sustainability atau keberlanjutan perlu diterapkan.

“Sekarang kita lupakan itu walau kita laksanakan juga karena kontinuitas. Karena pemerintah berkesinambungan berarti enggak terpotong-potong,” imbuhnya.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...